Tata Cara Medical Examination (MEDEX) Untuk Pilot


Tata Cara Medical Examination (MEDEX) Untuk Pilot

Wikipilot blog - Tata Cara Medical Examination Untuk Pilot
, Mungkin bagi anda yang masih awam akan bertanya apa itu MEDEX. MEDEX adalah singkatan dari Medical Examination merupakan istilah yang dikhususkan untuk melakukan tes kesehatan khususnya disini adalah pilot atau calon siswa penerbangan yang diwajibkan oleh sekolah pilot. Semua yang berhubungan dengan penerbangan wajib hukumnya untuk mengikuti tes MEDEX ini, baik pilot, pramugari / pramugara, flight engineer atau siapapun yang berhubungan dengan penerbangan. Hal ini dimungkinkan agar dalam melaksanakan tugas, para pilot diharuskan sehat fisiknya dan ini adalah syarat mutlak untuk menjadi seorang pilot. MEDEX (Medical Examination) biasa dilaksanakan di Balai Kesehatan Penerbang ( Hatpen ) Kemayoran, Jakarta Pusat. Baik calon siswa penerbangan maupun pilot dan staff lain yang berhubungan dengan penerbangan, mereka smua melakukan tes yang terpusat di Balai Kesehatan Penerbang ( Hatpen )

Jenis - jenis Medical Examination ( MEDEX )

1. Cek Laboratorium
Disini semua staff penerbangan akan di cek darah dan urine. Melalui tahap ini akan terlihat riwayat penyakit seperti darah tinggi, kolesterol, hemoglobin, asam urat, trigliserida dan lain-lain

2. Tes Audiometri
Tes ini untuk mengetahui kemampuan pendengaran para staff penerbangan normal ataupun tidak.



3. Cek Gigi
Walaupun jarang berhadapan dengan penumpang, penampilan seorang pilot sangat diperhatikan. Seorang pilot tidak boleh mempunyai gigi yang bolong, tidak terawat, mempunyai tambalan, berkawat gigi ataupun gigi palsu.

4. Cek Mata
Visualisasi seorang pilot adalah yang utama. Pilot harus dengan jelas melihat kondisi yang ada di lapangan. Namum penggunaan kacamata masih diperbolehkan dengan batasan-batasan tertentu sesuai dengan kebijakan sekolah penerbangan ataupun maskapai tersebut.

5. Rontgen
Tes ini ditujukan untuk mengetahui kondisi organ didalam tubuh. Baik organ dalam maupun tulang patah dapat terlihat dengan x-ray disni. 

6. ECG ( Electrodiagram )
Tes ini untuk mengetahui kemampuan detak jantung. Pemeriksaan ini biasa dilakukan saat berbaring ataupun pada saat berjalan di treadmill

7. Cek Fisik
Pemeriksaan ini untuk mengetahui kondisi fisik bagian luar. Pemeriksaan ini akan diketahui bahwa calon siswa penerbang ataupun pilot mempunyai penyakit fisik, cacat, patah tulang maupun bekas operasi.

8. EEG ( Electroencephalography )
Tes ini diperlukan untuk mengetahui aktivitas listrik di otak. Tes ini diharuskan rileks agar reflek yang dikirim melalui otak ke anggota badan dapat bekerja dengan baik. Tes ini juga mengetahui bahwa calon siswa penerbang ataupun pilot mengidap penyakit epilepsi

Semua tes MEDEX diatas dapat diulang apabila terdapat ketidaksesuaian. Seperti halnya darah tinggi, kolesterol, asam urat, cek gigi, cek mata dapat mengulang tes MEDEX setelah mendapat resep obat dari dokter terkait dan biasanya disuruh kembali 1 - 2 minggu mendatang. 

Biaya MEDEX ( Medical Examination ) sekitar 750 ribu dan ini belum termasuk biasaya cek EEG yang dimana peserta diharuskan membayar lagi di RSPAD Gatot Subroto atau Lakespra sekitar 150 ribu. Proses tes ini jika berlangsung dengan lancar membutuhkan waktu cukup dengan 1 hari dengan 9 tes diatas. Setelah dinyatakan lulus cek MEDEXakan mendapatkan sertifikat kuning kecil yang berlaku untuk 12 bulan mendatang.

Tata Cara Medical Examination (MEDEX) Untuk Pilot