Daftar Lisensi Yang Harus Dimiliki Pilot ( Lengkap ! )




Wikipilot blog - Daftar Lisensi Pilot Yang Harus Dimiliki
, Menjadi seorang pilot wajib mempunyai lisensi penerbangan merupakan syarat utama yang harus dimiliki. Sama halnya dengan kendaraan lain, lisensi ini mempunyai beberapa kategori yang tentunya berbeda pula fungsinya. Dengan mendapatkannya menjadikan bukti bahwa penerbang sudah layak menjalankan pesawat dan mendapatkannya tidaklah gampang dan murah. Mendapatkannya seorang pilot harus menjalani tes tulis dan tes terbang. Berikut adalah beberapa lisensi :

Untuk mendapatkan lisensi pilot, bisa di cek di artikel ini daftar sekolah pilot

1. SPL : Student Pilot License

SPL ini sebenarnya digunakan oleh siswa hanya sebagai Student Pilot Permit. Untuk menerbangkan pesawat sendiri (tanpa instruktur), siswa harus melengkapi 3 class medical certificate sebagai persyaratan. Dalam menerbangkan pesawat bersama instruktur tidak diperlukan license apapun.

2. PPL : Pilot Private License

PPL adalah syarat pertama untuk membawa penumpang dan merupakan yang pertama didapatkan. Dalam hal ini tidak diperkenankan menerima bayaran. Persyaratan mendapatkan PPL ini mensyaratkan minimum harus mendapatkan 40 - 60 jam terbang tergantung kebijakan negara setempat.

3. CPL : Commercial Pilot License

CPL merupakan yang ke dua yang didapatkan seorang penerbang setelah PPL. Dengan CPL ini dapat menerima pembayaran komersial atas pekerjaannya sebagai penerbang profesional. Persyaratan mendapatkannya adalah minimum harus mendapatkan 140 - 250 jam terbang tergantung kebijakan negara setempat.

4. IR : Instrument Rating

Merupakan tambahan PPL atau CPL untuk menerbangkan pesawat dengan hanya acuan instrumen. Hal ini dikarenakan berada pada ketinggian yang tidak memungkinkan melihat daratan sebagai acuan. Pilot pesawat jet diharuskan memiliki instrumen rating sebelum menerbangkan pesawatnya.


5. ME (MER) : Multi Engine (Rating)

Merupakan sebuah permit untuk menerbangkan pesawat bermesin ganda yang tentunya telah meliki lisensi diatas. Pesawat dengan tipikal multi engine seperti Boeing atau Airbus harus memiliki lisensi ini. ME inilah yang sangat dicari oleh setiap maskapai komersial seperti Garuda Airlines, Lion Air, Sriwijaya Air dan maskapai lainnya untuk menentukan bahwa Pilot tersebut siap pakai.

6. ATPL : Airline Transport Pilot License

ATPL ini dipergunakan pada pesawat pengangkut dengan berat yang telah ditentukan. Di berbagai negara menentukan berat yang berbeda pada lisensi ini. Persyaratanmya adalah harus memiliki lisensi CPL, melengkapi dengan 1st Class Medical Certificate dan setidaknya harus memiliki minimum 1.500 jam terbang

7. Frozen ATPL 

Kondisi ini hanya berlaku di USA, dimana mendapatkan license ATPL harus memiliki minimum 1.500 jam terbang. Frozen ATPL adalah lisensi dimana penerbang telah lulus dalam menempuh ATPL dan hanya menunggu untuk memiliki 1.500 jam terbang. Jika dalam dua tahun tidak memenuhi jam terbang tersebut maka tes mendapatkan lisensi ini dinyatakan hangus. 

8. Type Rating

Penerbang membutuhkan licence type rating untuk menerbangkan pesawat dengan tipe dan karakteristik tertentu. 

Tidak semua lembaga pendidikan penerbangan menyediakan paket lisensi yang lengkap, cari lebih detail informasi baik tentang harga dan fasilitas lisensi yang didapat.

Daftar Lisensi Yang Harus Dimiliki Pilot ( Lengkap ! )