Sekolah Penerbangan ATKP Surabaya


Sekolah Penerbangan ATKP Surabaya

Wikipilot blog - Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya
, ATKP Surabaya merupakan sekolah penerbangan milik negeri yang dibawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Kementrian Perhubungan (BP SDM Perhubungan - Kemenhub). ATKP Surabaya didirikan pada 1989 saat itu masih bernama Organisasi Balai Pendidikan Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (OBPPPP) Surabaya. 

Biaya pendidikan di ATKP Surabaya bisa ditanyakan langsung melalui website resminya, sedangkan program pendidikan atkp surabaya mempunyai beberapa prodi tergantung minat dan bakat. 
Sekolah pilot lainnya bisa dicek diartikel Daftar Sekolah Pilot di Indoensia
1. Prodi Teknik Listrik Bandar Udara (TLB)

Program TLB dalam hal ini ATKP Surabaya memiliki kemitraan yang cukup strategis dengan beberapa instansi diantaranya PLN, PT (Persero) Angkasa Pura I, PT ( Persero) Angkasa Pura II, Bandar Udara UPT Direktorat Perhubungan Udara dan AirNav Indonesia atau Perum LPPNPI. Lulusan Prodi TLB seluruhnya terserap dalam dunia penerbangan maupun industri.

2. Prodi Teknik Navigasi Udara (TNU)

Prodi TNU mempunyai peluang lebih besar dalam penyerapan tenaga kerja. Selain PLN, PT Angkasa Pura, Bandar Udara UPT Direktorat Perhubungan Udara nda AirNav Indonesia, ATKP Surabaya membuka peluang siswanya untuk bekerja dibidang lain yaitu do perusahaan pertambangan, telekomunikasi, gas dan minyak bumi dan PNS dibidang kemetrian perhubungan.



3. Prodi Teknik Pesawat Udara (TPU)

ATKP Surabaya dalam menyalurkan prodi TPU bekerja sama dengan beberapa maskapai nasional seperti PT. GMF Aeroasia, PT. Lion Mentari Airlines, PT. Travira Air, Indonesia Airasia, PT. Pelita Airservice mengingat banyaknya kebutuhan tenaga teknik keperawatan pesawat yang ahli dalam bidangnya. 

4. Prodi Lalu Lintas Udara (LLU)

ATKP Surabaya bermitra dengan perusahaan dalam negeri maupun swasta yang bergerak dalam pemantauan lalu lintas udara seperti halnya lepas pantai, pertambangan, pengontrol lalu lintas pesawat kecil dan sebagainya.

5. Prodi Komunikasi Penerbangan (KP)

Lulusan prodi KP sangat dibutuhkan baik perusahaan penerbangan negeri maupun swasta. Perusahaan seperti AirNav Indonesia, perusahaan tambang, atau pengontrol lalu lintas udara membutuhkan personil komunikasi penerbangan atau biasa disebut Flight Service Officer (FSO).

Biaya sekolah penerbangan ATKP Surabaya tidaklah semahal sekolah pilot swasta, hal ini dikarenakan ATKP Surabaya masih disubsidi oleh pemerintah. Lulusan ATKP Surabaya sangat beragam tidak untuk mengisi posisi pilot saja, segala posisi bidang penerbangan dilakukan di akademi ini.

Sekolah Penerbangan ATKP Surabaya