5 Daftar Sekolah Pilot Termurah di Indonesia


5 Daftar Sekolah Pilot Termurah di Indonesia

Wikipilot blog - 5 Daftar Sekolah Pilot Termurah di Indonesia, Bisa jadi dalam menentukan sekolah pilot faktor penentu paling utama adalah biaya yang murah. Memang dalam mengenyam pendidikan satu ini membutuhkan dana yang tidak main-main dan membutuhkan pemikiran yang matang sebelum terjung ke dunia penerbangan ini. Beberapa akademi pilot menawarkan harga dengan cukup murah di kelasnya dan memberikan fasilitas cicilan hingga beberapa kali, hal ini tentunya bekerja sama dengan bank terkait agar mempermudah siswa dalam pembayaran. Langsung saja ditengok daftar sekolah pilot termurah di Indonesia :
Baca juga : Daftar Sekolah Pilot Terbaik di Indonesia
1. STPI Curug dan Banyuwangi
biaya : Rp. 500 juta

Dua sekolah ini merupakan sekolah negeri yang dimiliki oleh pemerintah yang memberikan pengajaran sebagai pilot dengan kualitas internasional. Sebelumnya sekolah penerbang ini murni gratis diperbantukan oleh pemerintah, tetapi dengan bergantinya pemerintahan baru, subsidi dari pemerintah berangsur-angsur dicabut hingga saat ini sepenuhnya dicabut dan semua biaya dibebankan kepada siswa. Walaupun biaya sepenuhnya dicabut oleh pemerintah, peminat 2 sekolah ini sangatlah banyak begitupula dengan seleksi ketat dengan menyaring calon-calon pilot berkualitas.

2. Eagle Air Flight Academy 
biaya : USD 40 ribu atau Rp. 520 juta

Akademi ini merupakan salah satu dari sekian sekolah pilot luar negeri yang mempunyai basis di Indonesia. Bertempatkan di Mamburao dan Manila Filipina, sekolah ini mempunyai kualitas internasional yang mumpuni. Dengan lingkungan internasional, peserta akademi ini berasal dari berbagai negara yang tentunya bahasanya digunakan sehari-hari adalah bahasa Inggris, tentunya akan menuntut dan menjadi kebiasaan untuk berbahasa Inggris. Tentunya hal ini merupakan nilai plus bagi siswa yang belajar di akademi ini.



3. All Asia Aviation Academy (AAA Academy)
biaya : USD 48.380 atau Rp. 630 juta

Sekolah pilot ini juga mempunyai basis di Filipina, kelebihan dari akademi ini adalah biaya yang cukup terjangkau dan masa penidikannya cukup singkat yaitu kurang dari setahun. Biaya murah dan waktu pendidikan relatif singkat ini bisa menjadi alternatif pilihan anda dalam memilih akademi ini.

4. AERO Flyer Institute
biaya : USD 49 ribu atau Rp. 637 juta

Institusi penerbangan ini telah mencetak lulusan terbanyak dan terserap ke dua maskapai besar seperti Batik Air dan Citilink. Sistem biaya pendidikannya terpisah menurut lisensi yang diambil. Dengan sistem seperti ini tidak perlu mencicil terlalu berat dengan membayar satu paket secara utuh, cukup memilih lisensi yang sekiranya diperlukan dan kapanpun bisa melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan sertifikasi lebih lanjut.

5. BIFA - Bali International Flight Academy
biaya : Rp. 670 juta

Sekolah pilot swasta ini merupakan sekolah favorit pilihan calon siswa. Bagaimana tidak, Sejak berdirinya hingga sekarang BIFA telah menyumbangkan lebih dari 210 pilot untuk maskapai terbesar di Indonesia yaitu Garuda Airlines. Untuk mempermudah penjangkauan BIFA mempunyai dua basis di Bali dan Jakarta. Dari segi kualitas sebanding dengan biaya yang akan dikeluarkan. Sekolah pilot BIFA tidak hanya bekerja sama dengan Garuda Indonesia, maskapai lain seperti Lion Air, AirAsia, Sriwijaya Air juga bekerja sama dengan sekolah pilot ini.

Dalam menentukan sekolah pilot murah di Indonesia bisa saja menjadi tolak ukur utama, tetapi pertimbangkan juga reputasi dan tingkat lulusan yang terserap di maskapai penerbangan. Jangan sampai ketika memprioritaskan biaya murah tetapi ujung-ujungnya tidak terpakai di dunia penerbangan. Sangat sedih bukan ?

5 Daftar Sekolah Pilot Termurah di Indonesia